Berikut
ini adalah beberapa tips strategi
meningkatkan pemasaran bisnis online :
1. Kenali Pelanggan
Anda.
Identifikasi
target market Anda akan membantu Anda dalam menyusun strategi marketing yang
efektif. Anda bisa mengelompokkan target market menjadi beberapa kategori,
misal kelompok usia 15—30 tahun, jika Anda ingin memasarkan produk sepeda
sport. Atau Anda dapat membidik wanita dengan kelompok usia 20—35 tahun, jika
ingin memasarkan produk sepatu wedges. Jadi, dengan mengetahui siapa target
market Anda, Anda akan terhindar dari terbuangnya waktu dan biaya yang sia-sia.
2.
Lakukanlah Promosi.
Lakukan
upaya promosi atau memperkenalkan produk bisnis Anda kepada konsumen. Usahakan
agar promosi yang Anda lakukan tersebut konsisten, terus-menerus, dan dengan
cara-cara kreatif sehingga para pelanggan tidak merasa bosan. Misalnya,
mengirim pesan singkat kepada para customer atau bisa juga dengan email, jika
sedang ada promo produk – produk Anda. Selain itu, lihatlah pula bagaimana
upaya promosi yang dilakukan kompetitor Anda. Jika penawaran Anda lebih unik
dan menarik, lanjutkan upaya promosi tersebut. Jangan lupakan pula
kehebatan word-of-mouth publicity. Kekuatan promosi dari mulut ke
mulut ini memang ajaib karena dapat menyebar dan menjaring pelanggan hingga
berlipat-lipat. Oleh karena itu, siapkan diri Anda untuk membuat pelanggan
lebih nyaman berbisnis dengan Anda. Pelanggan yang merasa puas dengan produk
Anda akan menjadi pelanggan loyal yang dapat menarik pelanggan baru.
3.
Pilih Lokasi Yang Strategis.
Faktor
penting dalam strategi pemasaran lainnya adalah masalah pemilihan tempat. Anda
perhatikan outlet atau toko roti Holland Bakery selalu berada
di jalan yang sibuk di mana traffic lalu lalang orang sangat tinggi. Itu
merupakan strategi mereka dalam membidik pelanggan potensial. Maka, usahakan
untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, agar kesempatan bisnis Anda untuk
dapat diakses oleh pelanggan lebih terbuka.
4.
Menggunakan Internet Marketing.
Internet
marketing bisa jadi salah satu strategi marketing yang sangat efektif. Anda
dapat mengetahui selera pelanggan dan kebutuhan pelanggan Anda dengan
menempatkan bisnis Anda di situs jejaring sosial. Saat ini, jual beli online
semakin marak dengan jumlah transaksi yang meningkat setiap tahunnya. Hal ini
menunjukkan kecenderungan bagaimana pelanggan ingin berbelanja di luar jam buka
toko, menghindari keramaian, dan lebih privasi. Ruang inovasi juga terbuka
lebar di internet.
5.
Peduli Terhadap Pelanggan.
Memelihara
pelanggan lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Karena
biaya yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan baru sekitar 6 kali lipat
daripada memelihara pelanggan lama. Maka, buatlah database pelanggan, masukkan
data-data penting beserta kemajuan yang telah dicapai, hubungi mereka secara
berkala, dan informasikan pelanggan mengenai promo produk yang sedang berjalan,
dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar