Pengertian Iklan, Fungsi, Struktur, Kaidah Bahasa, Jenis dan Contoh Iklan Lengkap
Iklan sering kali kita lihat setiap harinya baik di media cetak maupun media elektronik seperti di televisi, radio maupun koran. Setiap produsen selalu menyajikan iklan yang menarik perhatian bagi konsumen. Lalu apakan kalian tahu apa sebenarnya pengertian dan tujuan dari adanya iklan?
Berikut ini merupakan pembahasan mengenai pengertian iklan dan penjelasan lainnya mengenai iklan.
Pengertian Iklan
Iklan merupakan informasi yang isinya membujuk dan menarik perhatian masyarakat ramai supaya tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan dalam iklan tersebut. Menurut istilah, iklan berasal dari bahasa Yunani yang ebrarti menggiring orang-orang kepada gagasan.
Dari pengertian diatas, dapat dikatakan bahwa iklan memiliki arti memberitahu kepada orang banyak mengenai barang atau jasa yang ditawarkan.
Ciri-Ciri Iklan
- Mengunakan kata yang menarik, tepat, logis dan sopan
- Menggunakan kata yang mudah dimengerti dan mudah diingat oleh konsumen
- Menarik perhatian konsumen
- Iklan haruslah komunikatif dan informatif
Syarat Iklan
- Penggunaan bahasa dan kata harus tertata dan tidak memiliki arti ganda
- Menggunakan bahasa yang menarik dan mudah diingat oleh masyarakat
- Iklan dibuat dengan memperhatikan tata bahasa, etika, dan target
- Tidak boleh merendahkan atau menghina perusahaan lain
- Iklan dibuat dengan jujur sesuai dengan produk yang ditawarkan
Manfaat Iklan
Manfaat iklan untuk produsen antara lain:
- Produk menjadi lebih terkenal di masyarakat
- Perusahaan memperoleh keuntungan dalam bisnis dengan melonjaknya nilai jual produk karena iklan
Manfaat iklan untuk masyarakat yaitu masyarat lebih tahu dan lebih mengenal mengenai produk yang akan di gunakan dan lebih pandai untuk memilih produk mana yang tepat untuk digunakan.
Jenis Jenis Iklan
Berdasarkan Medianya
1. Iklan Cetak
Iklan cetak merupakan iklan yang dibuat dan dipasang menggunakan teknik cetak, seperti koran, majalah, tabloid dll. Berikut ini merupakan 3 wujud iklan cetak, yaitu
- Iklan baris, merupakan iklan yang hanya berisi tidak lebih dari 3-4 baris, dan luas iklan tidak melebihi satu kolom
- Iklan kolom, merupakan iklan yang memiliki luas satu kolom, namun lebih tinggi dibanding iklan baris.
- Iklan display, merupakan iklan yang memiliki ukuran lebih luas dibandingkan iklan kolom.
2. Iklan elektronik
Iklan eketronik merupakan iklan yang menggunakan media berbasis elektronik. Secara spesifik iklan elektronik berupa, antara lain
- Iklan radio, yaitu iklan yang dipublikasikan lewat radio, biasanya berupa kombinasi antara voice dan efek suara (sound effect).
- Iklan Televisi, yaitu iklan yang dipublikasikan melalui televisi berupa komninasi dari suara, gamabr, dan gerak.
- Iklan internet, yaitu iklan yang yang dipublikasikan melalui internet, iklan internet ada yang didengar ada pula hanya tampilan gambar.
Berdasarkan Tujuannya
1. Iklan komersial, yaitu iklan yang bertujuan untuk memasarkan barang dan jasa. Dibedakan menjadi 2 yaitu,
- iklan tastis (iklan yang mendesak konsumen untuk segera membeli)
- Iklan strategis (iklan yang membangun merk dagang)
2. Iklan non komersial, yaitu iklan yang digunakan untuk menginformasikan, membujuk atau mendidik khalayak di mana tujuan akhirnya bukan mencari keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial.
Pengertian Teks Iklan
Teks iklan adalah sebuah media yang atau wadah cara mempromosikan atau memasarkan berbagai macam produk yang sangat efektif kepada konsumen. Tujuan teks iklan yaitu untuk memperkenalkan suatu produk baik barang maupun jasa kepada masyarakat, guna menarik perhatian masyarakat untuk mengenali, membeli, mengkonsumsi dan menggunakan produk yang diiklankan.
Pengertian teks iklan yang lain yaitu:
Teks iklan adalah suatu media komunikasi yang sangat efektif untuk menyampaikan informasi kepada target audience dengan tujuan untuk mempengaruhi, mempromosikan, mengingatkan, menginformasikan, melarang membujuk dan merayu target audience.
Fungsi Teks Iklan
Secara sederhana, teks iklan diartikan sebagai pesan yang ditujukan kepada masyarakat melalui suatu media untuk menawarkan dan membujuk orang unuk membeli produk yang diiklankan. Adapun fungsi teks iklan yaitu:
- Sebagai persuasi atau upaya pendekatan, yaitu mengarahkan konsumen untuk membeli produk (baik barang atau jasa) yang diiklankan.
- Sebagai informasi, yaitu menyampaikan mengenai produk baru
- Sebagai reminder atau pengingat, yaitu iklan mengingatkan konsumen tentang produk tertentu agar selalu
menggunakanproduk tersebut.
Struktur Teks Iklan
Adapun struktur teks iklan yaitu:
Judul
Ini terletak di bagian paling atas dari teks iklan, namun tidak semua iklan mencantumkan judul, sebagian teks iklan meletakkan nama produk di bagian paling atas.
Nama produk
Ini berisi mengenai nama produk yang diiklankan.
Penjelasan tentang produk
Iniberisi deskripsi produk yang diiklankan, seperti spesifikasi, cara mendapatkan produk yang diiklankan, alamat, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
Ciri-Ciri Bahasa Iklan
Adapun ciri-ciri bahasa iklan yaitu:
- Bahasa yang digunakan dapat mempengaruhi pikiran orang atau membuat tertarik untuk membeli atau menggunakan produk.
- Mengenalkan serta menjelaskan produk barang atau jasa kepada masyarakat
- Menggunakan kalimat fakta dan opini.
Ciri Kebahasaan Teks Iklan
Adapun ciri-ciri kebahasaan teks iklan yaitu:
Menggunakan Slogan
Slogan ialah perkataan atau kalimat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menyampaikan sesuatu. Slogan ini biasanya terdiri dari empat hingga lima kata yang mudah diingat dan tentunya memiliki daya tarik yang kuat agar pesan yang dimaksud dapat sampai ke orang yang diajak.
Dalam iklan, slogan merupakan pernyataan atau susunan kata tertentu yang menjelaskan secara singkat suatu produk atau jasa layanan sehingga mudah diingat dan dikenal oleh publik. Kalimat slogan haruslah kreatif dan tidak ketinggalan jaman agar orang lebih mudah mengingatnya.
Kalimat Persuasif
Kalimat persuasif yaitu kalimat yang bertujuan meyakinkan dan membujuk pembaca agar melaksanakan atau menerima gagasan penulis terhadap suatu hal. Ada beberapa kalimat persuasif yang terdapat pada iklan produk tersebut, salah satunya adalah : murah, cepat dan handal.
Menggunakan Subjek Orang Pertama
Teks iklan biasanya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak, seperti aku, saya, dan kami untuk mengganti pihak atau instansi pemasang iklan. Subjek yang digunakan pada teks iklan tersebut adalah subjek orang pertama jamak, yaitu kami.
Jenis Teks Iklan
Adapun macam-macam jenis teks iklan diantaranya:
- Iklan Pengumuman, yaitu iklan yang bertujuan memberitahu masyarakat tentang hal penting seperti kelahiran, ulang tahun, dan sejenisnya.
- Iklan Undangan, yaitu iklan ajakan untuk mengikuti acara tertentu, misalnya pernikahan.
- Iklan Layanan Masyarakat, yaitu iklan yang menjelaskan kepada masyarakat tentang program pemerintah atau swasta, misalnya program Keluarga Berencana, anti-narkoba, dan sejenisnya.
- Iklan Permintaan, misalnya iklan lowongan pekerjaan.
- Iklan Penawaran, yaitu iklan yang berisi promosi produk barang atau jasa.
- Iklan Artikel, yaitu uraian iklan panjang mengenai suatu hal meliputi kelebihan dan keunggulan produk atau jasa.
Contoh Teks Iklan Produk
Berikut adalah contoh teks iklan produk:
Contoh 1
Dijual cepat motor matic Honda Beat tahun 2016, warna putih-biru, body mulus, mesin masih bagus, jarang digunakan, ban baru, harga 13 jt. Nego. Hub. 082912345678.
Contoh 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar